Ini Dia Tips Menghemat Air Mengurangi Tagihan Bayar PDAM Online

Ini Dia Tips Menghemat Air Mengurangi Tagihan PDAM

Kemajuan teknologi telah memudahkan Anda dalam segala hal, termasuk salah satunya bayar PDAM online. Jika dahulu untuk membayar tagihan PDAM, Anda harus datang ke kantor PDAM dan mengantri, sekarang cara itu dianggap sudah tidak praktis lagi. Lama dan cukup merepotkan. Sejak ada bayar PDAM online tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk membayar PDAM dimana saja dan kapan saja.

Namun sayangnya terkadang Anda akan merasa kesal saat melihat rincian tagihan yang harus Anda bayarkan. Pasalnya, biaya tagihan air Anda ternyata lebih besar dari yang Anda bayangkan. Padahal Anda merasa menggunakan air secara wajar saja dan tidak berlebihan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Ini Dia Tips Menghemat Air Mengurangi Tagihan Bayar PDAM Online

Nah mungkin ada beberapa kebiasaan yang tidak Anda sadari dapat meningkatkan penggunaan Air. Untuk bisa lebih menghemat penggunaan air, Anda bisa lakukan beberapa hal berikut ini agar tidak kesal saat lakukan bayar PDAM Online. Check it out!

  1. Managemen Penggunaan Air

Memantau dan mengatur penggunaan air merupakan faktor penting yang bisa menghemat biaya bayar PDAM online.  Dengan memantau penggunaan air, seperti tidak membiarkan air mengucur terlalu banyak, tidak membuka keran saat tidak digunakan dan lain-lain maka tidak akan pembuangan air yang sia-sia.

  1. Mencuci Kendaraan Dengan Air Secukupnya

Salah satu aktivitas yang banyak memakan air adalah mencuci kendaraan. Saat Anda mencuci kendaraan sering kali tidak sadar bahwa telah menggunakan air dalam jumlah yang banyak. Bahkan terkadang lupa mematikan keran saat tidak digunakan. Misalnya saat Anda memberikan sabun ke seluruh body kendaraan. Maka air akan terbuang secara percuma.

Nah untuk menghindari hal ini lebih baik gunakan bak atau ember untuk mencuci mobil atau motor, sehingga Anda akan lebih tau ukuran penggunaan air dan tidak berlebihan. Berbeda halnya jika Anda mencuci kendaraan secara disemprot maka Anda tidak akan tahu seberapa banyak air yang telah dipakai.

  1. Gunakan Keran Hemat Air

Ada berbagai jenis keran yang tersedia di toko. Nah ternyata bentuk keran yang digunakan dirumah juga akan mempengaruhi seberapa besar air yang dikeluarkan. Jika kerannya terlalu besar maka air akan lebih banyak terbuang sia-sia.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan keran sambungan yang berbentuk bunga. Hal ini akan membuat aliran lebih deras dan lebih efektif sehingga Anda bisa lebih menghemat air sekitar 30 hingga 50 persen.

  1. Menggunakan Pompa Otomatis

Tidak hanya akan menghemat air, menggunakan pompa secara otomatis juga akan menghemat biaya listrik lho. Pompa yang tidak otomatis sering kali membuat air tumpah ruah secara percuma karena tidak digunakan. Sedangkan untuk pompa otomatis akan mati secara otomatis ketika air sudah penuh.

  1. Hindari Aktivitas Mandi yang terlalu Lama

Nah salah satu kegiatan yang membuat Anda tidak sadar telah memakai air secara berlebihan adalah mandi yang lama. Saat mandi tubuh akan terasa segar dan membuat Anda nyaman. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang membutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk mandi.

Namun sayangnya kegiatan mandi yang terlalu lama membuat Anda lupa bahwa telah menggunakan air dalam jumlah yang banyak. Dan hal inilah yang menyebabkan tagihan bayar PDAM online Anda akan membengkak.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya tagihan bayar PDAm online. Dengan lebih mudah memantau biaya tagihan air secara online, Anda akan lebih bijak dalam menggunakan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.