Cara Atasi Suara yang Hilang Akibat Radang Tenggorokan

Cara Atasi Suara yang Hilang Akibat Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bikin suara Anda hilang? Jangan panik, lakukan ini untuk mengatasinya.

Infeksi virus atau bakteri dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, tak terkecuali radang tenggorokan. Penyakit yang umumnya terjadi saat musim pancaroba tiba ini bisa menyebabkan terjadinya beragam gejala, salah satunya kehilangan suara.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, radang tenggorokan yang menyebabkan hilangnya suara disebut sebagai laringitis alias peradangan pada pita suara. Keadaan ini bisa terjadi akibat gangguan saluran napas atas, yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

Terkesan sepele, tapi hilangnya suara akibat radang tenggorokan bisa sangat mengganggu aktivitas. Bahkan, hal ini juga membuat lawan bicara kesulitan memahami maksud dari kata-kata yang Anda keluarkan. Untuk itu, jangan tinggal diam bila keadaan tersebut terjadi pada diri Anda. Segera lakukan ini untuk mengatasinya:

  1. Istirahatkan suara Anda

Cara terbaik untuk mengatasi suara yang hilang adalah dengan memberikan waktu bagi pita suara untuk rehat sejenak. Cara ini sangat baik untuk dilakukan selama 1 atau 2 hari.

  1. Jangan berbisik

Berbisik membuat pita suara meregang. Sebagai akibatnya, penyembuhan radang bisa menjadi lebih lama sehingga suara yang hilang tak akan kembali dalam waktu dekat.

  1. Istirahat dan perbanyak minum air putih

Istirahat cukup dan perbanyak minum air putih adalah dua langkah mudah yang dapat membantu proses penyembuhan akibat infeksi virus. Tidurlah selama 7–8 jam dalam sehari, dan minum sebanyak 10 gelas air putih dalam sehari.

  1. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Tindakan ini sangat baik untuk dilakukan sebanyak 2–3 kali dalam sehari atau hingga fungsi pita suara Anda kembali seperti sedia kala.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya dapat memperparah radang tenggorokan. Sementara itu, alkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang membuat radang tenggorokan semakin parah.

Jika cara di atas masih belum mampu mengatasi suara yang hilang akibat radang tenggorokan, segerakan diri untuk berobat ke dokter. Suara serak dan keluhan radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh hingga lebih dari 3 hari mengindikasikan bahwa Anda perlu minum antibiotik yang hanya bisa didapatkan dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.